KECAMATAN CISOKA DALAM ZONA MERAH PENULARAN HIV/AIDS

KECAMATAN CISOKA DALAM ZONA MERAH PENULARAN HIV/AIDS

 

Upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Tangerang merupakan suatu upaya yang tidak mengenal lelah, berbagai daya, upaya, metode, dan strategi telah di lakukan untuk meminimalisir angka penyebaran HIV/AIDS. Namun berbagai upaya ini tidak akan menuai arti tanpa adanya pemahaman yang baik tentang HIV/AIDS, dan peran serta aktif seluruh lapisan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) DPD Kabupaten Tangerang bersama PKM Cisoka mengadakan sosialisasi HIV/AIDS bagi pelajar setingkat SLTP dan SLTA di wilayah Kecamatan Cisoka. Auditorium Kecamatan Cisoka dipadati oleh 45 siswa/i yang mewakili sekolahnya dalam kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan pada hari Sabtu (21/11/2015).

Dalam kata sambutannya, Camat Cisoka mengungkapkan bahwa, Kecamatan Cisoka berada dalam zona merah penularan HIV/AIDS. “Sudah menjadi catatan baik di tingkat kabupaten maupun tingkat nasional, artinya kecamatan Cisoka mempunyai potensi penyebaran HIV/AIDS. Tidak akan ada perintah kalau Cisoka tidak terindikasi HIV/AIDS,” papar Endah Sulistiowati, Camat Cisoka dalam sambutannya.

Dok KPA Kab. Tangerang
Dok KPA Kab. Tangerang

Menurut beliau, “berdasarkan data dari KPA Kabupaten Tangerang, saat ini penyebaran HIV/AIDS terus mengalami kenaikan. Untuk mengantisipasinya, tentunya peran semua elemen masyarakat sangat dibutuhkan”.

“Penyuluhan HIV/AIDS ini merupakan program DPD KNPI Kabupaten Tangerang bekerjasama dengan KPA Kab. Tangerang, PKM Cisoka, dan Kecamatan Cisoka. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian DPD KNPI terhadap para pelajar, karena HIV/AIDS sudah mengancam para pelajar”, ucap Cucu Abdurosyied, ketua DPD KNPI Kabupaten Tangerang.

Banyak cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari bahaya HIV/AIDS, salah satunya dengan menghindari penyalahgunaan obat terlarang dan pergaulan beresiko.

“Saya sangat berharap agar semua yang hadir di sini, kita bersama-sama menghapus Kecamatan Cisoka dari catatan,” ujar Camat Cisoka mengakhiri kata sambutannya. (J.A)

 

Post author

Leave a Reply