Dinas Pendidikan Melakukan Pembinaan Karakter Siswa

Dinas Pendidikan Melakukan Pembinaan Karakter Siswa
Dok KPA Kab. Tangerang
Dok KPA Kab. Tangerang

Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, pada hari kamis-Jumat, 10 s/d 11 Desember 2015 melaksanakan kegiatan penyuluhan dengan Tema “Pembinaan Karakter Siswa Melalui Penyuluhan Bahaya Narkoba pada Pendidikan Dasar menjadi Siswa Bebas Narkoba Menuju Tangerang Gemilang”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula SMPN 1 Balaraja yang beralamat di Jl. Raya Serang KM 24,5 Tangerang-Banten.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB, dibuka langsung oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Bpk Kosrudin,S.pd. Dalam kegiatan penyuluhan ini Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Polres Kota Tangerang dan KPA Kab.Tangerang.

Dr. Midrawati,MM dari Kabid Kesga Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menyampaikan Kesehatan Reproduksi (Kespro) dan HIV AIDS, Ibu Winarni dari Staf Pendidikan Satuan Narkotika Polres Kota Tangerang memamparkan dampak buruk narkoba dan rehabiltasi bagi pecandu, Bpk. AKP. Juhari Kosasi selaku Wakasat Narkotika Polres Kota Tangerang memberikan gambaran bagaimana pelajar untuk berprestasi dan kreatif, dan Hady Irawan beserta Jordan Jempormase dari Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Tangerang yang melakukan role play, game dan mendorong antusiasme pelajar dan guru untuk mau melakukan komunikasi yang kuat dalam pembentukan karakter.

Menurut  Ketua Penyelenggara Bpk. Ali Marisan, “kegiatan ini mengundang 10 Gugus Kecamatan Legok, Curug, Cikupa, Balaraja, Tigaraksa, Jayanti, Mauk, Sepatan, Teluknaga dan Pasar Kemis, dihadiri oleh tiap pelajar baik Siswa/i , masing-masing dari 10 Gugus yang ada di tiap per-Kecamatan”.

Dok KPA. Tangerang
Dok KPA. Tangerang

Kegiatan ini di hadir dari pelajar Siswa/i khususnya Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tujuan kegiatan ini membekali Siswa/i dengan ilmu pengetahuan yang diberikan oleh narasumber, diantaranya materi pertama; pengetahuan tentang bagaimana cara melakukan pencegahan dalam penyalahgunaan narkoba, materi kedua; pencegahan dalam hubungan seks pra nikah, dan informasi dasar seputar HIV AIDS, materi ketiga; gambaran situasi dan kondisi HIV di Kabupaten Tangerang.

“Minimal ilmu pengetahuan yang diperoleh pelajar baik Siswa/i dapat memberikan nilai positif baik dalam upaya mencegah penyalahgunaan narkoba dan penularan HIV  dan AIDS”, kata pak Ali di sela kegiatan.

Kegiatan penyuluhan yang dilakukan selama dua hari ini oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang dengan mengundang sebanyak 100 peserta dari pendidik dan pelajar, merupakan rangkaian dari roadshow sekolah dalam memperingati Hari AIDS Sedunia 2015 dan juga HUT Kabupaten Tangerang.

[Anwar Sahab]

*) Kumpulan berita road show KPA Kab. Tangerang dalam memperingati Hari AIDS Sedunia 2015

 

 

 

Post author

Leave a Reply