SMP Negeri 1 Cisoka Juarai Lomba Cerdas Cermat PIK-R Kabupaten Tangerang

SMP Negeri 1 Cisoka Juarai Lomba Cerdas Cermat PIK-R Kabupaten Tangerang

SMP Negeri 1 Cisoka berhasil mengungguli SMAN 3 Curug dan SMA N 16 Jayanti, serta meraih juara 1 setelah melalui babak penyisihan dan babak final yang kompetitif Lomba Cerdas Cermat PIK-R Kabupaten Tangerang yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBD) Kab. Tangerang pada Sabtu (29/12/2015) di gedung BKKBD Kompleks Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang–Tigaraksa.

“Kami dari PIK-R SMP Negeri 1 Cisoka yang alhamdulillah telah memenangkan juara 1 lomba Cerdas Cermat PIK-R Kabupaten Tangerang. Kami sangat senang karena usaha kami ada hasilnya. Persiapan kami, kami membelakan liburan kami dengan belajar bersama, tukeran materi dan alhamdulillah inilah hasilnya,” ujar perwakilan dari SMP N 1 Cisoka.

Lomba cerdas cermat ini terdiri dari 2 babak yaitu babak penyisihan dan babak final yang diikuti oleh 11 PIK-R masing-masing sekolah. Para dewan juri kegiatan cerdas cermat ini terdiri dari: Jordan Jempormase dari KPA Kab. Tangerang, Ananto dari PIK-R Kumbang Center, dan Bambang Sumantri dari Yayasan Bina Muda Gemilang.

Dok KPA Kab. Tangerang
Dok KPA Kab. Tangerang

“Acara cerdas cermat ini adalah untuk menguji sejauh mana mereka mampu menyampaikan, mengkomunikasikan kepada teman sebayanya. Dalam konteks cerdas cermat bagaimana pengetahuan mereka, sikap perilaku mereka, keterampilan mereka dalam mengembangkan PIK remaja itu sendiri,” papar Bambang Mardi S., MM., Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBD) Kab. Tangerang.

Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) merupakan organisasi yang dibentuk oleh sekolah-sekolah di wilayah Kabupaten Tangerang yang bertujuan untuk menyampaikan informasi dan komunikasi bagi remaja dalam konteks generasi berencana untuk mendewasakan para remaja dalam berpikir terkait usia perkawinan, memahami 8 fungsi keluarga, dan memahami Trias KRR yaitu: menghindari bahaya narkotika, menghidari seks beresiko, dan menghindari penularan HIV/AIDS.

Acara ini juga diselingi oleh lomba yel-yel antar sekolah yang digelar di sela-sela acara. Nampak para pelajar sangat antusias dalam mengikuti acara ini serta mendukung sekolah masing-masing.

Diharapkan kegiatan seperti ini dapat berlanjut dan diadakan setiap tahunnya, serta para pelajar ini dapat berprestasi lebih lagi di jenjang berikutnya dan juga dalam bidang-bidang lain.

Sudah sepatutnya kita memperhatikan dan memberi ruang bagi pada remaja untuk berkarya dan berprestasi, karena merekalah yang akan menjadi generasi penerus bangsa dan negara di masa yang akan datang. (J.A)

*) Artikel ini merupakan serial tulisan dalam rangka peringatan Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2015

Leave a Reply