AKSI SIMPATIK PMI KEC. CIKUPA DALAM MEMPERINGATI HAS 2017

AKSI SIMPATIK PMI KEC. CIKUPA DALAM MEMPERINGATI HAS 2017

Bunderan 1 Ciffest Citra Raya-Cikupa pada Minggu, 03 Desember 2017 cukup ramai di padati oleh jejaring masyarakat yang sedang membagikan bunga kepada para pejalan kaki dan kendaran yang melintas. Jejaring masyarakat yang terdiri dari beberapa Organisasi Kepemudaan, Organisasi Kemasyarakan, Organisasi Kampus dan Organisasi Sekolah sedang memperingati Hari AIDS Sedunia (HAS) yang bertepatan setiap tanggal 1 Desember.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB di Organisir oleh PMI Kec. Cikupa ini di sambut baik oleh pihak pengelola citra raya, kepolisian dan masyarakat setempat sehingga kegiatan bisa berjalan lancar tanpa ada gangguan karena, kegiatan ini juga di kawal oleh Pihak Kepolisian dan dari Pemuda Pancasila Kecamatan Cikupa.

Dok KPA Kab. Tangerang HAS 2017

Pembagian 1000 bunga, 1000 stiker dan pembubuhan 1000 tanda tangan di atas spanduk merupakan rangkaian kegiatan HAS yang diadakan oleh PMI Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang Banten. Serta orasi yang dilakukan oleh mahasiswa.

“Cikupa merupakan salah satu Kecamatan terbesar dalam penyebaran angka kasus HIV. Tentunya ini jadi permasalahan kami bersama, karena penyakit ini belum di temukan obatnya. Atas dasar tersebut maka kami mengadakan kegiatan HAS 2017 ini tepatnya di tanggal 03 Desember 2017, serta kami memasukan dua tema yaitu Stop Penyalahgunaan Narkotika dan Seks Bebas, karena dua tema tersebut juga menjadi bagian dari penularan HIV AIDS”. Ujar Deden Murdani Ketua PMI Kecamatan Cikupa dalam keterangannya.

“Semoga gerakan hari ini bukannya hanya gerakan PMI Kec. Cikupa saja, tetapi menjadi gerakan semua Masyarakat Cikupa, semua Masyarakat Kab. Tangerang, semua Masyarakat Indonesia dan semua masyarakat yang peduli terhadap negara ini dari epidemi HIV AIDS. Untuk para pemuda semoga kedepannya bukan hanya sekedar tahu bahaya HIV AIDS, tapi mau juga ikut mencegah serta menyuarakan dan kawan-kawan yang terlibat hari ini diharapkan menjadi juru kampanye di lingkungan masing masing, di sekolahnya masing-masing, kepada teman, saudara atau siapapun bahwa upaya penanggulangan HIV AIDS menjadi tanggung jawab kita semua dan tidak akan pernah selesai apabila kita melepas tanggung jawab ini kepada orang lain”. Imbuh Deden

Dok Bersama Komunitas Tangerang Raya HAS 2017 Madigras

Beberapa hari sebelumnya, acara memperingati HAS juga dilaksanakan oleh beberapa komunitas ataupun penggiat HIV tepat di tanggal 1 Desember 2017 dan di laksanakan di dua titik yang berbeda yakni. Madigras Citra Raya dan lampu merah Tiga Raksa.

Dok FKPTB HAS 2017 Tiga Raksa

Eko Darmawan selaku Pengelola Program KPA Kabupaten Tangerang disela-sela aksi simpatik menyampaikan bahwa “momentum hari HAS 2017 ini seharusnya bisa dipakai semua pihak untuk kembali merefleksikan praktek dan kerja pemerintah maupun lembaga non pemerintah dalam upaya penanggulangan epidemi HIV dan AIDS selama 12 tahun terakhir”. ungkapnya

Terkait aksi simpatik, KPA Kabupaten Tangerang menyatakan senang dan antusias sekali dengan adanya keterlibatan peran masyarakat dan komunitas dalam penanggulangan HIV AIDS.

”Dengan memperingati Hari AIDS Sedunia, kita berupaya agar masyarakat makin memahami penyakit HIV AIDS. Melalui aksi ini, masyarakat dapat mengerti bagaimana cara penularannya dan cara pencegahannya. Tidak ada lagi orang masyarakat yang mengasingkan menjauhi penderita HIV AIDS (ODHA) tetapi waspadai penyakit HIV/AIDS”. Imbuh Eko Darmawan.

 [Angga Kristian]

Leave a Reply