“Saya Berani, Saya Sehat, Stop Diskriminasi ODHA” ANTUSIAS FORUM GENRE KABUPATEN TANGERANG DALAM PERINGATAN HARI AIDS SEDUNIA (HAS) 2018

“Saya Berani, Saya Sehat, Stop Diskriminasi ODHA” ANTUSIAS FORUM GENRE KABUPATEN TANGERANG DALAM PERINGATAN  HARI AIDS SEDUNIA (HAS) 2018

Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-Remaja) adalah suatu wadah kegiatan Program Penyiapan Kehidupan Bagi Remaja (PKBR) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang Perencanaan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya. PIK Remaja adalah nama generik. Untuk menampung kebutuhan program PKBR dan menarik minat remaja datang ke PIK remaja, nama generik ini dapat dikembangkan dengan nama-nama yang sesuai dengan kebutuhan program dan selera remaja setempat.

Sebagai Bentuk Kepedulian dari PIK-Remaja Sekabupaten Tangerang yang tergabung di dalam Forum Genre Kabupaten Tangerang. Pada Minggu, 02 Desember 2018 mengadakan Peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) 2018. Acara Ini di ikuti 10 sekolah. Dengan mengangkat tema “Saya Berani, Saya Sehat, Stop Diskriminasi ODHA”, kegiatan ini di laksanakn di depan Gedung Serba Guna (GSG) Tiga Raksa.

Menurut Ketua Panitia Dion dari SMA Kusuma Bangsa tujuan dari diadakannya acara peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) 2018 ini adalah, sebagai bentuk kepedulian dan bentuk support kepada para Orang Dengan HIV AIDS (ODHA), supaya tetap semangat dalam meneruskan hidup yang lebih bermanfaat dan lebih berkualitas. Di samping itu juga semoga remaja di Indonesia khususnya di kabupaten Tangerang akan semakin peduli dengan ODHA dan semakin tahu tentang informasi dan pengetahuan cara mengatasi Virus HIV AIDS dan dapat mencegahnya.

Turut Hadir Didalam Peringatan HAS 2018 tersebut Ibu dr. Umami Perwakilan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Tangerang. Dalam kesempatan ini ia menyampaikan. Untuk merespon permasalahan remaja, Pemerintah (BKKBN) telah melaksanakan dan mengembangkan program PKBR yang diarahkan untuk mewujudkan Tegar Remaja dalam rangka Tegar Keluarga untuk mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera.

Dok Mang Adhie

Ciri-ciri Tegar Remaja adalah remaja yang menunda usia pernikahan, remaja yang berperilaku sehat, terhindar dari risiko TRIAD KRR (Seksualitas, Napza, HIV dan AIDS), bercita-cita mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera serta menjadi contoh, model, idola dan sumber informasi bagi teman sebayanya”. Selain dari BKKBN turut hadir Pula Sekretaris KPA Kabupaten Tangerang yaitu Ibu Efi Indarti, SKM.M.Kes, dalam Kesempatannya menyampaikan. “Terima Kasih yang sebanyak-banyak kepada Forum Genre Kabupaten Tangerang yang sudah memperingati Hari AIDS Sedunia (HAS) 2018, selain itu remaja dan mahasiswa hendaknya, harus dapat melihat, serta merencanakan JAUH KE DEPAN, agar dapat mencapai kehidupan yang lebih baik dan sejahtera”.

Berbagai jenis kegiatan yang diadakan dalam peringatan tersebut diantaranya adalah Senam Genre, Longmarch/Jalan Santai, Aksi Tanda Tangan Peduli ODHA, Doorprice dan Lomba Design Poster HIV AIDS. Untuk pemenang Lomba Poster, Juara 1 di peroleh oleh Tim PIK-R MAN 4 Kronjo, Juara 2 MAN 1 Kabupaten Tangerang dan Juara 3 di peroleh SMAN 15 Kabupaten Tangerang.

(Adi. S)

Leave a Reply