Apa sih Warga peduli AIDS ( WPA)

Apa sih Warga peduli AIDS ( WPA)

Apa sih Warga Perduli AIDS  (WPA )?

 

Pernah dengar apa itu HIV atau AIDS??? pastinya sudah  tidak asing lagi  yah di  kehidupan kita sehari-hari, tapi kenapa masih banyak yang bilang AIDS bisa menular begitu dengan mudahnya, penyakit kutukan lah dan penyakit yang menyeramkan?

 

Hemmmmm… siapa bilang sob,

 

Ingat dengan Tagline ini  Jauhi Penyakitnya Bukan Orang Nya”

Ya begitulah seharusnya, karena mereka juga menginginkan bahagia bukan malah di diskriminasi atau malah kita menjauhi nya.

 

Pada Kamis, 08 Agustus 2019 Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Tangerang menyelenggarakan  pertemuan koordinasi Warga Peduli  AIDS  (WPA), bertempat di Seketariat DPRD Kabupaten Tangerang  gedung Pendopo Jl.Kisamaun Pasar Lama, Kota Tangerang.

 

Hadi Irawan Memberikan Materi dalam pertemuan WPA kali ini bertempat di sekda Kabupaten Tangerang

 

Dalam sambutannya Hadi Irawan mewakili KPA Kabupaten Tangerang menyampaikan tentang kondisi dan situasi HIV AIDS terkini. Sangat memprihatinkan imbuhnya, karena kasus terus bertambah di  tahun 2018   di temukan 216 kasus HIV dan  93 kasus AIDS. Bukan hanya orang nakal dengan resiko tinggi saja yang tertular tapi sudah merambah ke masyarakat umum dan yang terkena juga masuk dalam katagerori usia produktif atau remaja. Menjadi fokus bersama dalam program HIV AIDS kedepan adalah bagaimana mencapai three zero di tahun 2030.

 

Beberapa strategi  yang di lakukan meliputi  pemberdayaan masyarakat, program warga peduli AIDS , remaja sehat  posyandu dan tokoh Agama (MUI) bersinergi. Diharapkan organisasi pemberdayaan masyarakat yang telah terbantuk sebanyak 10 Desa / Kelurahan  di Kabupaten Tangerang bisa melakukan pengawasan dan memberikan informasi serta edukasi mengenai HIV di lingkungan sekitar.

 

Bentuk keterlibatan masyarakat dalam upaya penanggulangan HIV dan AIDS di tingkat Desa/Kelurahan di Kabupaten Tangerang dari 2014 hingga 2019 ini, salah satu Ds. Tegal Kunir Lor Kec. Mauk http://www.kpakabtangerang.or.id/2018/07/19/peran-warga-desa-tegal-kunir-lor-dalam-penanggulangan-aids/  yang sudah mendeklarasikan dan membentuk pada   Selasa, 18 Juli 2018  Warga Peduli AIDS (WPA).

 

Warga Peduli AIDS (WPA) yang tidak terlepas dari komponen organisasi dibawah tingkat desa dan kelurahan, yang terdiri didalamnya adalah individu-individu yang juga merupakan bagian organisasi lain di tingkat desa dan kelurahan, seperti kader Posyandu, kelompok kepemudaan, pengajian dan lain sebagainya.

 

Dalam pertemuan  kali ini,  berdasarkan hasil data dan informasi  HIV AIDS  sudah sangat mengkhawatirkan diwilayah Kab Tangerang, bebrapa lokasi sudah berkali-kali di evakuasi, bahkan digusur namun selalu muncul kembali. Kita  semua harus berkolaborasi lebih baik lagi antara Desa, Pemerintah, layanan kesehatan dan KPA  agar kita bisa menerapkan program yang efektif dan dapat melakukan pengawasan  serta evaluasi.

 

 

Dengan  diadakannya kegiatan ini di harapkan mampu memberikan perubahan serta dapat meningkatkan peran  serta masyarakat untuk ikut terlibat  dalam upaya penanggulangan HIV dan AIDS.

 

Adien Muhidin

Media dan Logistik

KPA kabupaten Tangerang

Leave a Reply