Ingin tau Fasyankes terdekat sekitar kamu? Coba deh ini…

Ingin tau Fasyankes terdekat sekitar kamu? Coba deh ini…
20140912144735.AIDS_DIgital_Logo
Dok foto courtesy

AIDS Digital merupakan salah satu aplikasi berbasis internet yang dapat diakses melalui telpon pintar (smartphone), dengan tujuan untuk menginformasikan tentang berbagai hal terkait layanan HIV dan AIDS, seperti pelayanan kesehatan, lokasi pelayanan kesehatan, jadwal pelayanan melalui alat komunikasi sehingga masyarakat tidak selalu perlu datang langsung ke fasilitas kesehatan. Aplikasi ini dikembangkan oleh Indonesian Coalition on AIDS (IAC), bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan. Aplikasi ini secara resmi diluncurkan pada 1 November 2013 oleh Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, selaku Wakil Ketua II Komisi Penanggulangan AIDS Nasional.

Aplikasi AIDS Digital adalah aplikasi pertama di tingkat regional Asia Pacific, yang dibangun oleh ODHA, berteknologi tinggi yang berguna dalam mendukung pencapaian program penanggulangan AIDS. Pengembangan aplikasi ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah Indonesia dalam mencapai target MDGs untuk AIDS. Sebagaimana diketahui, sebagian besar infeksi baru HIV dan AIDS dilaporkan pada kelompok usia muda atau usia produktif. Pada periode April-Juni 2013 sebagian besar infeksi baru HIV adalah pada kelompok usia 25-49 tahun (71%) dan kasus AIDS baru sebagian besar pada kelompok usia 30-39 tahun.

Generasi muda atau kelompok usia produktif umumnya memiliki pemahaman yang cukup baik tentang teknologi informasi termasuk teknologi digital. Pemahaman ini merupakan peluang untuk memanfaatkan teknologi informasi dan teknologi digital dalam menjangkau generasi muda untuk menyampaikan berbagai pesan kesehatan termasuk pesan tentang pencegahan dan penanggulangan AIDS.

Aplikasi ini dapat diakses di website www.aidsdigital.net. Sedangkan bagi aplikasi berbasis telepon pintar dibangun dengan menggunakan tiga platform operating system yaitu iOs, Blackberry z10 dan Android yang akan bisa diakses di Apple Store, Google Play dan Blackberry Store.

AIDS Digital berisi informasi layanan terdiri dari Tes HIV, Terapi ARV, Kelompok dukungan ODHA, Pencegahan Vertikal, Layanan Jarum suntik steril, layanan methadone dan layanan IMS. Selain itu juga ada direktori online dari lembaga yang bekerja untuk program penangulangan AIDS seperti Kemenenterian Kesehatan, Dinas Kesehatan, Komisi Penanggulangan AIDS, LSM dan juga jaringan populasi kunci. **

[Eko Darmawan]

Post author

Leave a Reply