Mendorong Peran Aktif Masyarakat Dalam Penanggulangan di Kelurahan Dadap

Mendorong Peran Aktif Masyarakat Dalam Penanggulangan di Kelurahan Dadap
Dok KPA Kab. Tangerang
Dok KPA Kab. Tangerang

Menindak lanjuti program Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Tangerang dengan mendorong masyarakat dalam upaya penanggulangan HIV AIDS di tingkat kecamatan hingga desa/kelurahan.

Pada hari Senin tanggal 10 November 2014, bertempat di aula Kelurahan Dadap, KPA mengundang warga masyarakat Dadap Cengin yang berada di dua Rukun Warga untuk berpartisipasi dalam memutus mata rantai penyebaran HIV AIDS diwilayah Kelurahan Dadap. Sebanyak 80 orang warga hadir dalam pertemuan ini. Pertemuan ini dibuka oleh Kasie Kesos Kecamatan Kosambi Ibu Hj. Mutamimah sebagai perwakilan dari Kelurahan Dadap.

Kecamatan Kosambi adalah salah satu penyumbang angka kasus terbesar HIV di Kabupaten Tangerang. Pada bulan September 2014 tercatat 48 kasus infeksi HIV baru, dan mayoritas berada di area Dadap Cengin. Di Kecamatan Kosambi saat ini memiliki dua lokasi hiburan malam, yaitu Dadap Cengin dan Pondok Jagung.

“Dampak negatif dari lokasi tersebut adalah penyebaran HIV yang kini telah masuk kedalam populasi umum, yaitu ibu dan anak” ungkap TB. Bisrin Nazmudin, SKM, M.Kes Pengelola Program P2PL Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

Dalam kegiatan pertemuan antara masyarakat dan stake holder, diharapkan masyarakat bisa lebih peduli terhadap lingkungan dan memberikan informasi yang benar terhadap IMS, HIV AIDS di kalangan warga, dan berperan aktif dalam penanggulangan HIV AIDS, sehingga penyebaran atau infeksi HIV baru di wilayahnya tersebut bisa diminimalisirkan.

Menurut Pengelola Program KPA Kabupaten Tangerang Hady Irawan, “jika situasi ini terus didiamkan akan semakin banyak warga yang akan terinfeksi penyakit menular seksual. Yang lebih ditakuti, ketika para lelaki yang berhubungan seks tidak aman dengan pekerja seks, akan dapat menularkan kepasangan tetapnya di rumah (istrinya)”.Dengan situasi yang terjadi saat ini, sudah seharusnya masyarkat berpartisipasi secara aktif dalam penanggulangan HIV AIDS, minimal dapat memproteksi keluarga inti agar tidak tertular HIV AIDS. Kunci suksesnya adalah pasangan keluarga harus tetap setia untuk menjaga keutuhan keluarga mereka.

[ Angga Kristian ]

Post author

Leave a Reply