BERBAGI KECERIAAN DAN BERMUHASABAH DI BULAN RAMADHAN DALAM ACARA MALAM RENUNGAN AIDS NUSANTARA (MRAN) KABUPATEN TANGERANG 2017

BERBAGI KECERIAAN DAN BERMUHASABAH DI BULAN RAMADHAN  DALAM ACARA MALAM RENUNGAN AIDS NUSANTARA (MRAN)  KABUPATEN TANGERANG 2017

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa dan penuh berkah, umat muslim tidak hanya di ajak untuk menahan lapar dan haus, tetapi setiap muslim dianjurkan untuk saling berbagi keceriaan dan kebahagiaan kepada sesama, sehingga sempurnanya puasa yang di jalankan.

Berbagi keceriaan sekaligus ber-Muhasabah merupakan rangkaian kegiatan MRAN (Malam Renungan AIDS Nusantara) yang di lakukan oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Tangerang yang bertepatan di Bulan Ramadhan, yaitu pada hari Kamis, 22 Juni 2017 bertempat di sekretariatan KPA Kab. Tangerang Jl. Ahmad Yani No. 10 Sukasari. Kegiatan ini di isi dengan acara pemberian santunan kepada Anak Dengan HIV AIDS (ADHA) berupa kebutuhan alat–alat sekolah dan uang tunai untuk tambahan biaya sekolah, tausiah, buka bersama dan dilanjutkan dengan acara puncak malam renungan yaitu muhasabah.

Kegiatan yang di buka pada pukul 15:00 oleh Efi Indarti, SKM, M.Kes selaku sekretaris KPA Kabupaten Tangerang ini dihadiri kurang lebih oleh 150 peserta, yaitu dari perwakilan FAB (Fosil Addict Banten) sekaligus sebagai donatur untuk santunan, Dinas Kesehatan Kab. Tangerang, Dinas Kesejahteraan Sosial Kab. Tangerang, Seluruh mitra kerja lapangan dan Kelompok Dukungan Sebaya (KDS), serta ADHA dan walinya yang mendapakan bantuan santunan.

“Semoga kedepannya banyak para donatur yang mau memperhatikan ODHA (Orang Dengan HIV AIDS) khususnya ADHA”. Ungkap Efi Indarti dalam sambutannya.

Perlu diketahui Komunitas FAB pada 08 April 2017 lalu mengadakan kegiatan Gathering yang ke-2. Dalam kegiatan ini FAB menyerahkan hasil lelang amal ke KPA Kab. Tangerang untuk di salurkan kepada ADHA.

Dok KPA Kab. Tangerang
Dok KPA Kab. Tangerang

Pemberian santunan kepada 20 ADHA disaksikan oleh Ibu Merry Gunawan selaku perwakilan dari FAB. Dalam sambutannya Merry mengungkapkan. “Saya merasa bersyukur bisa terlibat dan ada di tengah-tengah acara ini, karna ini adalah acara yang memberi banyak manfaat yang menginsipirasi saya, khususnya tentang semangat dan harapan yang saya dapatkan dari anak-anak ADHA. Smoga kami bisa terlibat kembali di event  brikut”. Dan acara dilanjutkan dengan pemberian santunan oleh Merry gunawan, Efi Indarti dan Eko Darmawan kepada ADHA.

Sebelum acara buka puasa bersama, Ustadz Alif Maulana, S.Ag memberikan tausiah kepada para peserta kegiatan sehingga semakin khidmat acara MRAN yang diadakan KPA Kab. Tangerang di Bulan Ramadhan ini. Dan semakin membuat gembira ADHA yang hadir dalam kegiatan ini.

Setelah selesai Sholat Magrib Berjamah, kegiatan memasuki acara puncak MRAN, seluruh peserta di ajak bermusahabah (merenungkan diri) oleh pengisi acara Rochmah dan Marlina Puspita sari yang merupakan perwakilan dari KDS di Tangerang. Tidak sedikit peserta yang meneteskan air mata karena belum bisa dan banyak berbuat baik, serta merasa belum dapat bermanfaat untuk sesama.

“Kegiatan MRAN tahun 2017 ini sedikit berbeda, karena kami (KPA Kab. Tangerang) mengemasnya sedikit lebih religius dikarenakan memang bertepatan juga dengan Bulan Suci Ramadhan, tetapi tetap tidak lepas dari nilai-nilai Malam Renungan itu sendiri”. Ujar Eko Darmawan selaku Pengelola Program KPA Kab. Tangerang di penghujung acara.

[Angga Kristian]

Dok KPA Kab. Tangerang
Dok KPA Kab. Tangerang

Leave a Reply