PENDONOR DARAH BUTUH PERHATIAN KHUSUS

PENDONOR DARAH BUTUH PERHATIAN KHUSUS

Sabtu, 26 Januari 2019. dokter Maftuha Darojat dan Diah Untari selaku Tim HIV AIDS Poli Aster Puskesmas Curug mendatangi PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Tangerang bersama pendamping sebaya dari Yayasan Kotex Mandiri. Dalam kunjungan hari ini ingin membahas terkait kerjasama PMI yang sama-sama mempunyai misi memutus Mata Rantai Penularan HIV AIDS di Tangerang, khusunya di Wilayah Curug.

Selama tiga tahun kebelakang PMI Kabupaten Tangerang yang bertempat di Daerah Bitung tidak mengetahui bila ada layanan HIV di puskesmas. Maka selama itu PMI Kabupaten Tangerang jika menemukan pendonor yang di dalam darahnya terdapat Virus HIV, mengarahkan langsung ke RSU Kabupaten Tangerang untuk tindak lanjut pengobatan dan tanpa pendampingan.

dokter Maftuha Darojat dan Diah Untari selaku Tim HIV AIDS Poli Aster Puskesmas Curug sedang berkoordinasi dengan salah satu petugas PMI Kabupaten Tangerang.

Dalam kesempatan ini, Tim yang terdiri dari 3 orang itu diperkenalkan PMI Kabupaten Tangerang kepada salah satu orang pendonor yang darahnya terdeteksi HBSag dan HIV untuk di lakukan konseling, dan pendonor menyetujui. Untuk memastikan keakuratan hasil pemeriksan darah, pendonor tersebut di periksakan kembali oleh Tim HIV AIDS Puskesmas Curug dan langsung dilakukan pendampingan oleh Pendaping Sebaya.

Kedepannya PMI Kabupaten Tangerang akan membuat MOU untuk kerja sama dalam memutus Mata Rantai HIV dengan Puskesmas Curug. PMI Kabupaten Tangerang berharap bisa di respon dengan baik dan dapat dukungan dari Dinkes Kabupaten Tangerang juga KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Kabupaten Tangerang, agar dapat bersinergi dalam menangani kasus HIV AIDS di Kabupaten Tangerang.

Lasmini

Leave a Reply